Buku Hybrid Learning System Berbasis Proyek Terintegrasi STEM menawarkan inovasi pembelajaran yang menggabungkan sistem hybrid, pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), dan Project-Based Learning (PjBL) dalam satu kerangka terpadu. Hybrid learning menghadirkan fleksibilitas melalui kombinasi tatap muka dan daring, sedangkan integrasi STEM menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, serta pemecahan masalah kontekstual. Model ini memperkuat keterhubungan antara teori dan praktik melalui proyek berbasis STEM, yang memungkinkan siswa mengembangkan pengetahuan sekaligus keterampilan aplikatif.
Kebaruan buku ini terletak pada desain konseptual dan panduan praktis yang ditawarkan bagi pendidik dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang relevan dengan tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Sistem ini tidak hanya meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka dengan keterampilan abad ke-21 seperti komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan kemandirian belajar. Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi akademik dan praktis dalam pengembangan model pembelajaran inovatif yang adaptif terhadap dinamika pendidikan global.