Buku Pendidikan Jasmani Transformatif: Integrasi Literasi Aktivitas, Kesehatan, dan Lingkungan menghadirkan perspektif baru mengenai pendidikan jasmani sebagai instrumen perubahan sosial. Karya ini mengkaji keterhubungan tiga pilar utama: aktivitas fisik, kesehatan masyarakat, dan literasi lingkungan serta mengintegrasikannya dalam pendekatan partisipatif, berbasis budaya, serta berorientasi pemberdayaan komunitas.
Melalui kajian teori, temuan penelitian, dan ilustrasi praktik lapangan, buku ini menunjukkan bagaimana aktivitas fisik dapat berfungsi sebagai medium untuk membangun literasi kesehatan, memperkuat solidaritas sosial, serta menumbuhkan perilaku hidup berkelanjutan. Beragam praktik implementatif, seperti jalan sehat kolaboratif, permainan tradisional, edukasi lingkungan berbasis visual, model pembelajaran gizi dan gerak multisensori bagi anak, serta senam kesehatan untuk lansia, memberikan gambaran nyata mengenai transformasi pendidikan jasmani dalam konteks komunitas yang berbeda.
Buku ini ditujukan bagi pendidik, mahasiswa, pegiat kesehatan, pemerhati budaya, dan pemangku kepentingan komunitas yang ingin mengembangkan pendidikan jasmani yang inklusif, relevan, dan berdampak sosial luas. Dengan pendekatan transformatif, pendidikan jasmani diposisikan sebagai motor penggerak bagi terbentuknya masyarakat yang sehat, berdaya, dan berwawasan lingkungan







