Buku “Inovasi Pembelajaran Abad 21: Teori dan Praktik” mengupas tuntas kebutuhan dan tantangan pendidikan di era globalisasi yang serba cepat dan digital. Abad ke-21 menuntut keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi yang efektif, baik dari peserta didik maupun guru. Oleh karena itu, guru perlu mentransformasi pendekatan pembelajaran menjadi lebih inovatif, relevan, dan kontekstual.
Buku ini menyajikan landasan teoretis dari pendekatan-pendekatan pembelajaran mutakhir, seperti pembelajaran berbasis proyek, STEM, flipped classroom, blended learning, hingga pembelajaran berbasis teknologi digital. Tak hanya itu, buku ini dilengkapi dengan praktik-praktik nyata di kelas, studi kasus, serta langkah-langkah implementasi yang dapat langsung diterapkan oleh para pendidik.
Ditulis oleh dua akademisi yang berpengalaman di bidang pendidikan dan teknologi pembelajaran, buku ini menjadi referensi penting bagi guru, dosen, mahapeserta didik pendidikan, serta praktisi yang ingin meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di era modern. Inovasi bukan lagi pilihan, melainkan keharusan untuk menciptakan generasi pembelajar yang tangguh dan adaptif.